Pemerintah Kota Bogor mengembangkan salah satu program yaitu Peningkatan Pelayanan Kebersihan melalui upaya pengurangan sampah di sumber dengan salah satu penerapannya melalui Pengelolaan Sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Berbasiskan Masyarakat, maka Dinas Kebersihan dan Pertamanan telah membangun TPS 3R di 12 (dua belas) lokasi yang tersebar di Kota Bogor.
Bidang kesehatan di Kota Bogor terdapat 19 unit rumah sakit, 24 unit Puskesmas, 29 unit Puskesmas Pembantu, dan 10 unit Rumah Sakit. Selain itu Pelayanan Kesehatan di Kota Bogor juga didukung oleh 10 rumah bersalin, 131 balai pengobatan, 646 praktek dokter, 105 apotek, 28 toko obat berizin, dan 16 laboratorium kesehatan. Aktivitas fasilitas kesehatan tersebut menghasilkan limbah padat dan limbah cair.
A. Limbah Cair
Limbah cair yang dihasilkan umumnya mengandung bakteri, virus, senyawa kimia dan obat-obatan yang dapat membahayakan lingkungan. Sumber limbah cair dapat berasal dari kegiatan :
- Pelayanan pasien berupa limbah cair dalam kamar mandi dan pencucian peralatan
yang digunakan - Laboratorium klinis : air limbah dari pencucian peralatan laboratorium dan
sejenisnya. - Ruang operasi
- Laundry dan pembersihan ruang infeksius
- Radiologi
- Pembersihan ruangan-ruangan non infeksius
- Laboratorium obat
Selain itu, sumber limbah cair umumnya berbahan kimia yang dapat merusak kadar
air dan tanah. Sebab itu limbah cair yang terdapat di masyarakat diharapkan tidak merusak
lingkungan dan masyarakat pun diharapkan dapat meminimalisir penggunaanya.
B. Limbah Padat
Jenis limbah padat yang dihasilkan dapat berupa ; limbah medis (bersifat infeksius) dan limbah domestik (non infeksius). Limbah domestik berasal dari semua aktivitas yang menghasilkan buangan limbah padat yang lazim disebut sampah. Persentase limbah domestik terbesar di Kota Bogor berupa garbage yaitu sampah berasal dari sisa buangan dapur, sisa makanan pasien dan pengunjung serta daun dari pepohonan. Namun sampah dari dedaunan dapat dijadikan humus yang dapat menyuburkan tanah
Wahana Hijau Enviro (WHE) memberikan layanan Call Center bagi para pelanggan yang ingin menyampaikan pesan atau pertanyaan terkait dengan layanan. Anda dapat menghubungi 021-8888-9182 dan WhatsApp di nomor 0856-5574-8390 atau bisa email ke marketing@whe.co.id . Kehadiran WHE lengkap dengan infrastruktur dan sistem yang sudah digital, akan menjadi bantuan besar bagi daerah-daerah di Jabodetabek dalam pengolahan limbah. Ditambah lagi dengan SDM yang kompeten, armada yang sudah memiliki izin, sistem aplikasi smart scheduling and routing, Festronik, serta fasilitas pengumpulan dan pengelolaan yang berizin, WHE menjadi sebuah solusi bagi mereka yang membutuhkan layanan pengolahan limbah. Mari kita menjaga dan bangun lingkungan yang sehat bagi generasi mendatang.
Share This Artikel
CorelDRAW X8 kuyhaa ➤ Download Cepat dan Mudah
CorelDRAW X8 kuyhaa ➔ Temukan software desain grafis terbaik untuk...
Read MoreKMSAuto Net for Windows 10 ➤ Aktivasi Gratis & Mudah
Given the specific requirements and the content focus, here is...
Read MoreApril Masini: A Forthright Union Expert Risposte a appuntamenti Problemi da oltre 170.000 Persone
L’esperto di Quick type: Top impegno April Masini costruito a-twitter...
Read MoreBedandBreakfast.com â € ”20+ Años de Ayudando socios encontrar perfecto Escapadas en más de 8,000 asombroso Propiedades internacional
The Quick variation: for over twenty years, BedandBreakfast.com happens to be...
Read More